TRAINING PENERAPAN PSAK 71 72 DAN 73

PENGERTIAN TRAINING PENERAPAN PSAK 71, 72, DAN 73

Training Penerapan Psak 71 72 Dan 73 adalah bagian integral dari kerangka akuntansi yang dirancang untuk memastikan bahwa laporan keuangan sebuah entitas mencerminkan kondisi keuangan yang sebenarnya. PSAK 71, yang berkaitan dengan instrumen keuangan, membantu entitas dalam mengklasifikasikan, mengukur, dan mengungkapkan instrumen keuangan dengan tepat. Ini mencakup penilaian risiko kredit, likuiditas, dan nilai wajar, yang semuanya penting dalam pengambilan keputusan investasi.

Mengikuti penerapan Training Penerapan Psak 71 72 Dan 73 bukan hanya merupakan kewajiban hukum, tetapi juga suatu kebutuhan praktis dan etis dalam menyajikan informasi keuangan yang akurat dan transparan kepada para pemangku kepentingan. Melalui penerapan yang tepat, entitas dapat memperoleh kepercayaan dari investor, kreditor, dan pemegang saham, serta membangun dasar yang kokoh untuk pengambilan keputusan yang bijaksana dan pertumbuhan jangka panjang. Dengan demikian, pengertian dan penerapan PSAK 71, 72, dan 73 tidak hanya memastikan kepatuhan, tetapi juga memperkuat integritas dan kredibilitas entitas di pasar keuangan.

TUJUAN DAN MANFAAT PENERAPAN PSAK 71, 72, DAN 73

Tujuan:

  1. Mengatur Instrumen Keuangan: PSAK 71 bertujuan untuk memberikan pedoman yang jelas dalam mengklasifikasikan, mengukur, dan mengungkapkan instrumen keuangan.
  2. Pengakuan Aset Tak Berwujud: PSAK 72 bertujuan untuk memberikan panduan tentang pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan aset tak berwujud agar mencerminkan nilai sebenarnya.
  3. Penerapan Prinsip Syariah: PSAK 73 dirancang untuk memastikan entitas yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah mematuhi standar akuntansi yang sesuai dengan prinsip tersebut.

Manfaat:

  1. Transparansi Keuangan: Penerapan PSAK 71, 72, dan 73 membantu meningkatkan transparansi informasi keuangan bagi para pemangku kepentingan.
  2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik: Dengan mengikuti standar akuntansi yang sesuai, entitas dapat membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan berbasis informasi yang akurat.
  3. Kepatuhan Hukum: Mengikuti PSAK 71, 72, dan 73 membantu entitas mematuhi regulasi akuntansi yang berlaku dan menghindari potensi sanksi atau konsekuensi hukum.
  4. Meningkatkan Kredibilitas: Entitas yang mengikuti penerapan PSAK menunjukkan komitmen terhadap standar akuntansi yang tinggi, sehingga meningkatkan kredibilitas mereka di mata investor, kreditor, dan pemangku kepentingan lainnya.
  5. Penilaian Aset yang Akurat: PSAK 72 membantu entitas dalam menilai dan mengelola aset tak berwujud dengan lebih akurat, yang dapat memengaruhi penilaian nilai perusahaan secara keseluruhan.
  6. Kepatuhan Terhadap Prinsip Syariah: Bagi entitas yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah, penerapan PSAK 73 memastikan bahwa mereka mematuhi prinsip-prinsip tersebut dalam praktik akuntansi mereka.
  7. Meningkatkan Kepercayaan Pemangku Kepentingan: Dengan mengikuti standar yang diakui secara luas, entitas dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan pemangku kepentingan terhadap laporan keuangannya.

MATERI PENERAPAN PSAK 71, 72, DAN 73

I. Pendahuluan

  1. Pengenalan Standar Akuntansi Keuangan (SAK)
  2. Ruang Lingkup dan Tujuan PSAK 71, 72, dan 73
  3. Pentingnya Penerapan Standar Akuntansi dalam Praktik Bisnis

II. PSAK 71: Instrumen Keuangan

  1. Pengertian Instrumen Keuangan
  2. Klasifikasi Instrumen Keuangan
  3. Pengukuran Instrumen Keuangan
  4. Pengungkapan Instrumen Keuangan dalam Laporan Keuangan

III. PSAK 72: Aset Tak Berwujud

  1. Pengertian Aset Tak Berwujud
  2. Pengakuan Aset Tak Berwujud
  3. Pengukuran Aset Tak Berwujud
  4. Pengungkapan Aset Tak Berwujud dalam Laporan Keuangan

IV. PSAK 73: Aset Keuangan Berbasis Syariah

  1. Pengenalan Prinsip Syariah dalam Bisnis dan Keuangan
  2. Instrumen Keuangan Syariah
  3. Pengakuan, Pengukuran, dan Pengungkapan Aset Keuangan Syariah
  4. Perbedaan Utama antara PSAK 73 dan Standar Akuntansi Konvensional

V. Studi Kasus dan Contoh Praktis

  1. Analisis Laporan Keuangan Menggunakan PSAK 71, 72, dan 73
  2. Implementasi PSAK dalam Kasus Riil
  3. Diskusi dan Pembahasan Terhadap Tantangan dan Kendala dalam Penerapan PSAK 71, 72, dan 73

VI. Kepatuhan dan Audit PSAK 71, 72, dan 73

  1. Proses Audit dan Verifikasi Kepatuhan
  2. Persiapan Laporan Keuangan yang Sesuai dengan PSAK
  3. Penanganan Ketidaksesuaian dan Rekomendasi Perbaikan

VII. Tantangan dan Peluang Masa Depan

  1. Perkembangan Standar Akuntansi Terbaru
  2. Pengaruh Perubahan Lingkungan Bisnis dan Regulasi terhadap Penerapan PSAK 71, 72, dan 73
  3. Peluang Inovasi dalam Pelaporan Keuangan

VIII. Penutup

  1. Ringkasan Materi dan Poin Utama
  2. Pentingnya Keterlibatan Pemangku Kepentingan dalam Proses Penerapan PSAK
  3. Upaya Peningkatan Keterampilan dan Pengetahuan dalam Penerapan PSAK

PESERTA PELATIHAN PENERAPAN PSAK 71, 72, DAN 73

TRAINING PENERAPAN PSAK 71 72 DAN 73

  1. Akuntan dan Auditor: Mereka perlu memahami secara mendalam ketentuan PSAK 71, 72, dan 73 agar dapat melakukan audit dan penyusunan laporan keuangan dengan tepat sesuai standar yang berlaku.
  2. Manajer Keuangan: Agar dapat mengelola keuangan perusahaan dengan efisien dan efektif, manajer keuangan perlu memahami bagaimana menerapkan PSAK 71, 72, dan 73 dalam pengelolaan instrumen keuangan, aset tak berwujud, dan aset keuangan berbasis syariah.
  3. Profesional Keuangan: Termasuk analis keuangan, konsultan keuangan, dan analis investasi, mereka perlu memahami implikasi penerapan PSAK 71, 72, dan 73 terhadap analisis laporan keuangan, penilaian investasi, dan rekomendasi keputusan keuangan.
  4. Mahasiswa Akuntansi dan Bisnis: Mahasiswa yang sedang belajar akuntansi atau bisnis perlu memahami dasar-dasar PSAK 71, 72, dan 73 sebagai bagian dari kurikulum mereka untuk mempersiapkan diri menjadi profesional di bidang akuntansi dan keuangan.
  5. Pemilik Usaha dan Pengusaha: Mereka perlu memahami implikasi PSAK 71, 72, dan 73 terhadap penyusunan laporan keuangan, analisis kinerja keuangan, dan pengambilan keputusan investasi untuk mengelola usaha mereka secara efektif.
  6. Akademisi dan Peneliti: Mereka perlu memahami peran dan dampak PSAK 71, 72, dan 73 dalam konteks akademis dan penelitian untuk dapat memberikan kontribusi dan pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik akuntansi dan keuangan.
  7. Pihak Internal dan Eksternal Perusahaan: Termasuk direksi, dewan komisaris, dan auditor internal, mereka perlu memahami penerapan PSAK 71, 72, dan 73 untuk memastikan kepatuhan perusahaan terhadap standar akuntansi dan pengelolaan risiko keuangan yang efektif.

Pelatihan penerapan PSAK 71, 72, dan 73 akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada semua peserta tentang pentingnya standar akuntansi dalam menyusun laporan keuangan yang akurat dan transparan sesuai dengan kebutuhan dan regulasi yang berlaku.

Pemateri/ Trainer Pelatihan di Jakata

Pelatihan ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sebelum pelatihan berlangsung Anda juga dapat berkomunikasi dengan tim training kami untuk menentukan outcome/ kompetensi yang ingin Anda capai setelah mengikuti pelatihan ini.

Metode Pelatihan di Bandung

Materi yang akan disampaikan dalam training menggunakan metode yang terdiri dari presentasi 20% , Diskusi 20%, dan Praktek kurang lebih 60 % dari keseluruhan materi pelatihan yang akan disampaikan oleh pemateri kami.  Namun jika dirasa metode ini kurang tepat untuk Tim dan Perusahaan Anda, tidak perlu sungkan untuk mendiskusikan hal ini kepada tim training kami sehingga kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan tempat Anda bekerja.

Lokasi Pelatihan diseluruh indonesia

Training ini dilaksanakan di beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Ibukota DKI Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Lombok dan juga kota Batam. Jika Anda membutuhkan pelatihan di kota lain silahkan menghubungi tim marketing kami.

Jadwal Training Terbaru di Tahun 2024

Januari : 16-17 Januari 2024
Februari : 13-14 Februari 2024
Maret : 5-6 Maret 2024
April : 24-25 April 2024
Mei : 21-22 Mei 2024
Juni : 11-12 Juni 2024
Juli : 16-17 Juli 2024
Agustus : 20-21 Agustus 2024
September : 17-18 September 2024
Oktober : 8-9 Oktober 2024
November : 12-13 November 2024
Desember : 17-18 Desember 2024

Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Investasi Pelatihan terbaik di tahun 2024 ini :

Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpack (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.